Bahan Bakar Gas Kereta Api Siap Disalurkan Pertamina

PT Pertamina (Persero) bakal menyalurkan gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) untuk bahan bakar kereta api. Selama ini, kereta api masih menggunakan bahan bakar diesel.

Vice President LNG Pertamina Didik Sasongko Widi mengaku bahwa pihaknya telah melakukan uji coba penggunaan gas untuk kereta api. Ternyata dari hasil uji coba tersebut, kereta api bisa menggunakan gas sebagai bahan bakarnya.

“Sekarang kan dites di Balai Jasa Yogyakarta. Sudah baik dan Selasa kita rencana mau buat perayaan untuk menunjukkan bahwa itu berhasil,” kata Didik, di Kantor Ppusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2016).

Dirinya menambahkan, implementasi untuk penggunaan gas pada kereta api tidak bisa segera dilakukan. Sebab masih diperlukan beberapa infrastruktur pendukung agar rencana tersebut lebih matang.

“Kita sedang merencanakan terminalnya dulu. Kalau semua on schedule, kita akan mulai kuartal IV-2018. Kita akan lakukan piloting dan kita supply LNG-nya melalui general cargo dulu,” jelas dia.

Pilot project, lanjut Didik, akan dilakukan pada kereta api di Jalur Pantura terlebih dahulu. Dengan perkiraan sementara kebutuhan untuk gas di kereta api sebanyak lima MMCFD. “Kita akan lakukan piloting kita supply LNG-nya melalui general cargo. Jadi diesel diganti LNG. Demand-nya kita lihat sekarang ini kalau Pantura 5 MMCFD,” pungkasnya.

 

Dari MetroNews

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*